Searching...
Senin, 16 Desember 2013

MEMAKNAI KEHIDUPAN DENGAN MATEMATIKA

Oleh : Ujang Permana
Berbicara tentang matematika tak akan pernah terlepas dari kehidupan. Karena hampir dalam setiap aktivitas sehari-hari entah disadari atau tidak, kita pasti menggunakan Matematika. mulai dari bangun tidur hingga menjelang tidur lagi. Oleh karena itu, matematika menjadi salah satu pelajaran terpenting yang harus dikuasai oleh setiap orang yang ingin meraih sukses dalam kehidupannya. Dalam keahlian bermatematika kita dituntut untuk dapat menyelesaikan masalah dengan benar, sekaligus kita diberi kebebasan untuk menjawab dengan berbagai cara asalkan jawabannya benar dan dengan cara yang benar. Seperti kata pepatah, “Banyak jalan menuju Roma”. Namun, jika caranya salah atau salah dalam menuliskan satu angka saja hasil akhirnya juga salah.
 Dengan ilmu matematika kita akan mendapatkan nilai ke jujuran karena dalam matematika hanya ada 2 pernyataan yaitu  benar atau salah. Sama seperti kejujuran yang lawan katanya bohong sehingga ada dua pernyataan pahala atau dosa “sesungguhnya alloh tidak menyukai sesuatu yang setengah-setengah”. Pada kenyataanya Matematika beda dengan ilmu pengetahuan social yang mengutamakan pendapat atau argumentasi yang sifatnya bisa berubah-rubah. Akan tetapi pada matematika argument yang sudah melewati penelitian maka itu hasil untuk selamanya.
Di era modern ini banyak sekali orang-orang yang hanya menyukai matematika tapi tidak menycari makna dari matematika. Banyak orang yang jenius akan matematika tetapi hanya sebatas jenius tidak memaknai apa yang ada di dalam matematika. Bahkan pakar matematika sekalipun kadang kala pintar matematika hanya di luarnya saja, tidak dengan maknanya.  Tidak sedikit orang-orang yang ingin memperdalam matematika namun kurang mengetahui apa maksud dari memperdalam tersebut. Beribu-ribu hikmah yang kita dapat dari matematika, salasatu contohnya sederhanya, seperti teori al-jabar atau selisih bilangan, teori itu dapat mepengaruhi kesuksesan  dalam kehidupan sehari-hari,  yang penting kita tau maknanya. Salasatu manfaatnya dapat di aplikasikan pada proses memanajemen waktu sehari-hari. pada  dasarnya semua orang tau bahwa waktu tidak dapat di putar ulang sama dengan halnya matematika kita hanya bisa menjumlahkan bilangan yang di ketahui saja, tidak bisa menjumlahkan bilangan di luar itu. orang yang sukses memanajemen waktu salasatunya karena dia tau apa makna dari matematika. Dengan penjumlahan kita bisa memprediksi waktu yang di butuhkan. Di karenakan waktu itu erat hubungannya dengan bilangan. Salasatu contohnya mislakan bagaimana cara memanfaatkan waktu sebaik-baiknya jika tersedia waktu jam 18.00-24.00 maka yang kita bisa di gunakan adalah perhitungan matematika
Berarti selsisih dari jam 18.00-24.00 = 6 jam.Maka kita punya waktu 6 jam buat apa saja :
Misalkan:
·         Shalat magrib+ngaji+shalat isya = 1 jam 30 menit
·         Belajar                                     = 2 jam
·         Nonton tv                                 = 1 jam
·         Tidur                                        = sisa waktunya
Dari contoh di atas dapat menunjukan bahwa makna matematika tersebut sudah erat kaitannya dengan kehidupan, karena waktu itu adalah kehidupan. Sehingga saya lebih senang menanggap bahwa matematika itu adalah kehidupan.
Kemudian salah satu contoh lebih spesifiknya seperti penggunaan statistika dalam kehidupan sehari-hari. bahwa dalam mempelajari statistika kita dibantu untuk menjelaskan hubungan antar variabel, membuat keputusan yang lebih baik, mengatasi perubahan-perubahan yang terjadi dan membuat rencana serta ramalan.
            Beberapa contoh bahwa statistik sangat berperan dalam kehidupan sehari-hari misalnya dalam kehidupan sehari-hari kita sering menggunakan ilmu statistika untuk mengatur berapa jumlah pengeluaran kita yang disesuaikan dengan pendapatan yang kita peroleh, lalu memilih barang yang mana yang akan kita beli, dan lainnya yang pada akhirnya membutuhkan keputusan terbaik yang akan kita ambil. Begitu pula dengan bidang yang lainnya, membantu memutuskan keputusan yang harus diambil secara tepat.
Statistika dalam arti sempit berarti kumpulan data berupa angka, penyajian data dalam table dan grafik, bilangan yang menunjukan karakteristik dari kumpulan data. Statistika dalam arti luas yaitu metode yang digunakan dalam pengumpulan dan analisis data yang berupa angka-angka sehingga dapat diperoleh informasi yang berguna. Statistika adalah suatu metode yang menjelaskan tata cara pengumpulan, penyusunan, penyajian, penganalisaan, dan penginterprestasian data menjadi informasi yang lebih berguna.
Kemudian selain beberapa contoh di atas. Ada makna yang tersirat di dalam matematika dan itu sesuatu yang luar bisa, karena dengan teori tersebut bisa menyelesaikan suatu permasalahan dalam ke hidupan. Banyak orang yang sudah tau bahwa 1/1=1, dari mulai anak SD sampai mahasiswa sekalipun pasti tau. Tapi ada makna tersirat di dalam angka tesebut atau boleh di bilang memaknai matematika dengan otak kanan. Dengan rumus tersebut kita dapat mengatasi suatu masalah dan sekaligus menambah keimanan kita.
Salahsatu Contohnya dalam kehidupan setiap orang sering kali mendapatkan suatu masalah, banyak sekali orang mengeluh akan suatu masalah tesebut. Padahal secara matematik itu di karenakan karena bahwa kemampuan kita tidak cukup membagi masalah tesbut,  sampai jumlahnya masalah itu mendekati nol. Contohnya, ketika kita  menghadapi suatu masalah sendiri maka itu sama artinya dengan kita membagi suatu masalah oleh sendiri, bisa dikatakan kita membagi 1 dengan 1 ( di tulis 1:1). Tentu terasa berat atau pasti seimbang. Coba kalau kita menyelesaikan masalah itu dengan dua orang sehingga kita rubah jadi 1:2 pasti hasilnya lebih kecil dari bilangan yang kita punya atau bahwa kekuatan kita lebih besar dari suatu masalah. Dan bila diselesaikan beramai-ramai, lebih banyak orang lagi, tentu akan semakin ringan .Nah, apalagi bila masalah tersebut kita pasrahkan dan serahkan kepada Allah dengan tentunya kita terus berusaha, karena Allah itu Maha-Besar, sederhanyanya, ini bisa diartikan 1 dibagi bilangan yang saaaaaangat besar (misal 1: 100000000000000000000000000000; tentu hasil pembagian ini mendekati 0, bahkan bisa dikatakan sama dengan nol). Artinya masalah kita itu sebenernya sangat ringan, tak ada apa-apanya, sangat mudah di hadapan Allah. Dari situ kita dapat mengmbil hikmah bahwa kebeseran alloh itu sangat luar biasa. Lagi-lagi iman kita mulai bertambanh.


          Dengan demikian, kita tau begitu pentingnya memaknai matematika dalam kehidupan sehari-hari. Matematika bukan untuk di kerjakan tapi untuk di maknai, ketika semua orang bisa memaknai matematika maka akan mendapatkan hal yang luar biasa di dalamnya dan menyakut pertambahan keimanan kita.

0 comments:

Posting Komentar

 
Back to top!