Searching...
Selasa, 26 Juni 2012

KAMMI in Action : Lokakarya “KLIK” & Re-Kreasi KAMMI UIN Bandung



Sore itu,  jum’at, 15 Juni 2012 pada pukul 15.05, ada yang berbeda di stasiun kereta Kiara Condong, Bandung. 16 orang mahasiswa-mahasiswi bergerombol memasuki kawasan stasiun dengan membawa bendera bergambar tangan kekar, bola dunia, dan bunga mawar. Ya, KAMMI. Tepatnya komisariat Uin Sunan Gunung Djati Bandung tengah bersiap-siap untuk pemberangkatan ke Garut, bukan hanya sekedar jalan-jalan tapi ada sebuah agenda menarik lebih dari sekadar rekreasi: Lokakarya & Re-Kreasi, sebuah rangkaian agenda dari KLIK SUMMIT 2012 yang diselenggarakan oleh Kebijakan Publik KAMMI UIN Bandung.

Setelah menunggu lumayan lama, akhirnya pukul 4.35 kereta jurusan bandung-cibatu, garut tiba di stasiun dengan sudah membawa penumpang yang berjejal-jejal dari stasiun sebelumnya, para ikhwan-akhwat pun ikut berjejalan masuk melalui pintu berbeda, menempati celah sekecil mungkin agar tetap bisa menuju tempat tujuan, saat kereta berangkat, memacu mesinnya, ada yang memandangi kepergian para ikhwan-akhwat yang sudah berada dalam kereta, ada 3 akhwat  yang tertinggal di stasiun!

ketertinggalan itu bukan karena keterlambatan 3 akhwat tersebut, namun karena kondisi kereta yang sudah berjejalan penuh hingga sang petugas harus berkata bahwa kereta tersebut penuh, dan ketiga akhwat itu tidak bisa naik.  

Singkat Cerita, rombongan bisa sampai pukul 20.12 WIB di bumi peradaban, cibatu, Garut, disusul dengan kedatangan ketiga akhwat yang tertinggal namun tetap berhasil mencapai tempat tujuan dengan selamat. Malam kedatangan rombongan berlalu dengan kegiatan makan, istirahat dan lantunan tilawah mereka.

The second day, nah, ini dia inti acara, sesuai dengan tema kegiatan ini yaitu "Revitalisasi dan Reaktualisasi Peran Strategis KAMMI dalam Mewujudkan Atmosfir Islami Kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung" maka, agenda hari sabtu, 16 agustus 2012 ini adalah materi-materi membangun dari para pemateri hebat. 

Sebelum masuk materi, tidak lupa ada jalan-jalan pagi menyusuri pematang sawah yang terhampar luas, perkebunan, kolam ikan, dan pemandangan gunung yang menjulang dengan suasana pagi dingin yang menusuk hingga ke tulang. Pada pembukaannya, sambutan dari Windu, ketua OC mengharapkan ke depannya agenda Klik Summit ini bisa terlaksana dengan lebih baik. 

Salman Awaludin, Ketua Umum KAMMI Uin Bandung juga berkata “Lokakarya sebagai salah satu sarana mengisi kapasitas kader atas dasar problematika yang terjadi di kampus”, selain itu juga,beliau juga menyampaikan bahwa kesuksesan dakwah dapat dinilai dari sejauh mana kita bekerja menegakkan agama Allah dan istiqomah di jalan-Nya sesuai dengan syariat-Nya bukan dari  banyak atau sedikitnya pengikut yang mengikuti dakwah ini.

Materi diawali dengan muqosidu syariah, kemudian diselang dengan menghadiri pengajian warga setempat untuk mempererat silaturahim, baru kemudian dilanjutkan kembali dengan materi tentang advokasi, setelah itu baru materi ke-KAMMI-an. 

“Rekayasa Sosial” kemudian menjadi agenda diskusi bagi para peserta, baik ikhwan maupun akhwat di bagi menjadi dua kelompok diskusi, kelompok pertama membahas isu kekampusan, dan kelompok kedua membahas isu kemahasiswaan. Diskusi berjalan lancar, dan presentasinya ternyata membutuhkan banyak waktu diluar yang direncanakan, tapi tetap berjalan dengan baik.

The last day, Ahad. Menjadi penanda bahwa KAMMI harus kembali ke tempat perjuangan utama mereka, kampus uin bandung. Menyadari hal itu, para kader kammi uin bandung tidak menyia-nyiakan waktu mereka, diawali dengan hiking pagi dan sarapan di dekat hamparan sawah, kemudian makan bareng untuk terakhir kalinya pada hari itu, dan acara penutupan yang diikuti dengan pernyataan sikap atas hasil diskusi sebelumnya.

Berbeda dengan keberangkatan, kepulangan rombongan ini diantarkan dengan kol mini jurusan garut-bandung dan para kader KAMMI uin bandung ini tiba dengan selamat dan penuh semangat untuk mengubah kampus menjadi lebih baik lagi.

(sss)

What do they say about this agenda??
  • Ujang P, Staff Kaderisasi, FST/Fisika/2011
“Banyak sesuatu yang baru, bahwa acara lokakarya itu bukan hanya sekedar acara refreshing aja, tapi banyak ilmu yang didapat! Selain itu ukhuwah sesama kader pun semakin erat!”
  • Dede Aah, Sekdept Kaderisasi, FTK/Pend.Fisika/2010
    Luar biasa Dahsyat! Pengalaman pertama naik keretea api, bahkan seperti di FTV karena ada 3 teman yang ketinggalan kereta, he.. . Pengalaman pertama juga berhadapan dengan preman terminal pas nyarter mobil di terminal garut.. pokoknya lokakarya n rekreasi klik mantap!
  • Deudeu Hamidah, Sekdept Pengmays, FAH/TBI/2009
Great, lumayan lah, walaupun pengalaman pertama naik kereta nyampe shock, tapi kesana nya lumayan seru
  • Syfa Fadila, Staff KP, FTK/Pend. Kimia/2011
Istimewa! Sangat Berkesan!
  • Ari Dwijayanti, Staff KP, FTK/Pend.Mtk/2011
Lokakarya memberikan kesan yang luar biasa. Dari awal pemberangkatan saja sudah luar biasa. Di tambah lagi dengan pemandangan yang indah. Serta lokakarya ini semakin mempererat ukhuwan antar kader
  • Hafsah Mar’atus Shalihah, Staff LSO media, FSH/MKS/2010
Subhanallah ya..


1 comments:

 
Back to top!